Friday, February 24, 2012

rahmat dalam perbedaan

ketika memasuki sebuah masjid, saya merasakan kesan yang berbeda, antara masjid NU dan bukan NU,  yang kemudian mendapat kesan yang berbeda ketika solat berjaamah.  Tidak ada masalah sebenarnya. hanya saja, saya yang biasanya sholat di masjid yang bukan NU, agak terkesan dengan pengalaman baru yang saya temui.

cukup mudah juga untuk menebak khotib dalam khotbah jumat, Nahdiyin atau bukan, kalau dalam khotbahnya disinggung singgung  bidah dolalah, wah.. pasti bukan nahdiyin.

perbedaan itu rahmat.

memahami keberagaman terkadang menemukan jalan buntu, mentok. keberagaman pemikiran ada dimana mana, dalam semua agama, pemahaman terhadap ideologi tertentu, teori dll.

 dalam islam, sejauh mana keberagaman dapat ditoleransi, sejauh saya pahami, saya tidak paham paham.  apalagi ada pengkafiran, klaim kesyirikan, klaim masuk neraka.

saya tidak besar dalam lingkungan pesantren atau ahli agama, tidak pula banyak menuntut ilmu islam, jadi agak cetek pemahaman tentang islam. ketika fiqih, atau cara ibadah saya merujuk suatu pemikiran yang berseberangan dengan pemikiran lain, yang terkadang saling menyalahkan, ini ,,, yang membuat bingung. ketika ditelusuri, saya kira semua memiliki dasar.

NU punya banyak ulama, t,,,

bersambung






Bacaan lain yang disarankan

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 itsme-zerotonine