Friday, February 24, 2012

sunnatullah - Tuhan selalu punya alasan

saya tertarik dengan konsep sunnatullah setelah mendengar sebuah pengajian di tv9, tv lokal surabaya, ustad nya saya lupa nama nya, tapi saya suka cara dia menyapaikan pesan. Si ustadz berkata bahwa dalam setiap kesempitan pasti ada kelapangan, dibalik kesusahan ada kebahagiaan, itu sunnatulloh, jadi kesempitan, kesusahan dan turunan turunan nya tidak boleh dimengerti sebagai sebuah penderitaan.
apa itu sunnatulloh? sunnatulloh adalah hukum tuhan / hukum alam.
sunnatullah, yang saya pikir-pikir, adalah sebuah mekanisme atau cara yang menghubungkan dua hal yang saling mempengaruhi : sebab dan akibat. sunatullah adalah cara tuhan yang sudah ada sebelum tuhan mendelegasikan manusia di bumi (menurut saya).
sunnatullah akhirnya, bisa dikata, adalah alasan. artinya segala hal harus ada alasannya. Tuhan selalu memiliki alasan dalam segala hal, dalam menciptakan bumi, manusia, dan makhluk-makhluk lainnya.
manusia bisa mencapai sesuatu yang diinginkan ( suatu akibat ), jika aspek aspek sebab terpenuhi. seorang murid mendapat rangking 1 sebab belajar rajin, seorang kaya sebab ulet berusaha, kompor meledak sebab ceroboh, matahari terbit sebab ada rotasi bumi, seorang mati sebab dibunuh.
artinya, tidak ada yang ujug ujug, tidak ada yang mak bedunduk. harus ada sebab yang mendahului akibat, semua ada alasannya.
Tuhan punya power sepenuhnya atas makhluknya. Tuhan bisa membuat mati siapapun dan kapanpun yang dia mau. tapi lagi lagi, tidak ada yang mak bedunduk. si fulan yang sedang berjalan menuju pasar tiba tiba lunglai , terjatuh, dan akhirnya diketahui mati. itu Hak Tuhan sepenuhnya, tapi ... Tuhan pasti mempunyai alasan yang masuk di akal manusia. Ternyata si fulan kebanyakan minum obat kuat, setelah di otopsi.
Tuhan tahu setiap kegiatan makhluk, bahkan pada tiap dedaunan yang jatuh dari pohonnya, tapi tuhan tidak pernah semena mena pada makhluknya. tuhan pasti punya alasan.
alasan ini lah yang kemudian menentukan tinggi rendah nya peradaban manusia. semakin tahu alasan tuhan, semakin tinggi peradaban, karena untuk mengetahui alasan tuhan diperlukan pembelajaran, penelitian.
makanya Tuhan meninggikan derajat orang yang berilmu, dan sering dijumpai dalam alquran, kurang lebih, : "bagi kamu yang berpikir".
bagaimana hubungan sunnatulloh dengan takdir ?
dipikir pikir dulu



Bacaan lain yang disarankan

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post
 

Copyright 2012 itsme-zerotonine